Manajemen Pendidikan
Identitas Buku:
Judul buku : Manajemen Pendidikan
Jenis buku : Buku pegangan kuliah
Penulis : Tatang M. Amirin, dkk.
Penerbit : UNY Press
Terbit :
Halaman : 1/172
Manajemen Pendidikan
sebagai mata kuliah umum sangat dipentingkan bagi para mahasiswa ilmu
kependidikan karena sangat membantu par mahasiwa untuk mengembangkan keahlian
nya sebagai seorang pendidik. Buku Pegangan Kuliah Manajemen Pendidikan pun
juga sangat membantu dalam memfasilitasi mahasiwa karena ditulis dengan sangat
terperinci disetiap bab nya dari bagaimana menyusun organisasi didunia
pendidikan hingga mengevaluasi proses pendidikan.
Selanjutnya
dalam ulasan isi, akan dijabarkan setiap isi dari setiap bab yang ada didalam
buku Manajemen Pendidikan yang mana terdapat 10 bab,
BAB I Konsep Dasar Manajemen Pendidikan, didalam bab
ini penulis mencoba mengklarifikasi paradigm seorang guru yaitu guru bukanlah
seorang pengajar namun seorang pendidik, seorang pengajar hanya mentransfer
pengetahuan namun seorang pendidik bukan hanya mentransfer pengetahuan namun
juga menanamkan nilai dan norma. Selanjutnya penulis juga memberikan komponen
yang ada dalam system pendidikan yaitu (1) pendidik (2) pedidik (3) materi ajar
atau kurrikulum (4) sarana dan prasarana pendidikan (5) tujuan pendidikan dan
penjabaran selanjutnya adalah praktek manajemen untuk komponen-komponen
tersebut yang pertama adalah manajemen penyelenggaraan pendidikan yang dimana
berarti menyelenggarakan pendidikan yang disertai pengelolaan dan pengendalian
dari lingkup terkecil yakni lingkup kelas yang dapat mengendalikan dan
mengelola langsung para peserta didik. Selanjutnya manajemen administrative
dalam pendidikan terdiri atas (1) perencanaan, yakni merencanakan
kegiatan-kegiatan yang sesuai dengan tujuan kependidikan (2) pengorganisasian
yakni menata berbagai kegitan menjadi beberapa unit atau jabatan (3) merekrut
dan menempatkan staf, dalam dunia kependidikan proses ini adalah perekrutan
peserta didik melalui beberapa metode seperti tes dan penempatan tenaga didik
yang sudah sesuai aturan tertentu (4) memberikan perintah pada staf-staf yang
ada (5) penyatua langkah para staf (6) mengendalikan dan mengawasi kinerja
staf. Selanutnya adalah manajemen pendidikan sesuai dengan jenjangnya (formal,
informal dan nonformal) yang memiliki rancangan pembelajaran (RPP) dan
kurikulumnya berbeda maka terdapat manajemen yang berbeda juga.
BAB II Organisasi Lembaga Pendidikan, organisasi
didefinisikan sebagai bermacm cara yang pada intinya mencakup berbagai factor
yang menimbulkan organisasi yaitu kumpulan orang, ada kerjasama dan tujuan yang
telah ditetapkan. Dalam pengelolaan organisasi pendidikan menurut Keputusan
Menteri Pendidikan Nasional No. 044 tahun 2002 tentang Dewan Pendidikan dan
Komite Sekolah. Dewan Pendidikan adalah badan yang mewadahi peran serta
masyarakat dalam ragka peningkatan mutu,
pemerataan dan efisiensi pengelolaan pendidikan. Sedangkan Komite Sekolah
adalah badan mandiri yang mewadahi peran serta masyarakat dalam peningkatan
mutu, pemertaan dan efisiensi pengelolaan dalam satuan pendidikan.
Pengorganisasian pendidikan juga didasarkan pada jenjang dan jenis pendidikan.
BAB III Manajemen Kurikulum, kurikulum adalah segala
kesempatan untuk memperolah pengalaman yang dituangkan dalam bentuk rencana
yang digunakan sebagai pedoman penyelengraaan kegiatan pembelajaran di sekolah.
Manjemen kurikulum disekolah yang pertama adalah perencanaan kurikulum dalam
perencanaan harus diperhatikan karakteristik kurikulum yang bai, baik dari segi
isi, pengorgaanisasian maupun peluang-peluang untuk menciptakan pembelajaran
yang baik. Apa yang dilakukan guru dalam perencanaan pembelajaran antara lain
persiapan mengajar, pembuatan silabus, pemilihan bahan ajar dan seterusnya.
Yang kedua adalah pelaksanaan kurikulum, manajemen pada tahap ini adalah
pengelolaan pembelajaran misalnya dalam manajemen kelas. Dan yang ketiga adalah
evaluasi kurikulum, manajemen ini dimaksudkan untuk melihat atau menaksir
kurikulum yang digunakan oleh guru.
BAB IV Manajemen Peserta Didik, dalam manajemen
peseta didik yang pertama terdapat perencanaan peserta didik langkah-langkah
yang digunakan dalam manajemen ini antara lain (1) analisis kebutuhan peserta
didik (2) rekruitmen peseta didik (3) seleksi peserta didik (4) orientasi (5)
penempatan peserta didik (6) pencatatan dan pelaporan. Manajemen yang kedua
adalah pembinaan peserta didik, dalam manajemen ini terdapat layanan bimbingan dan
konseling, layanan perpustakaan, layanan kantin, layanan kesehatan, layanan
transportasi dan layanan asrama. Yang ketiga adalah evalusi kegiatan peserta
didik, manajemen ini berarti menilai proses dan hasil belajar siswa dan
didukung dengan program remedial dan pengayaan. Dan yang terakhir adalah mutasi
peserta didik.
BAB V Manajemen Tenaga Kependidikan, pada dasarnya
aplikasi manajemen ini yang pertama adalah rekruitmen yang meliputi proses
pengumuman kebutuhan pegawai, menyeleksi sampai pada pengangkatan pegawai. Yang
kedua adalah penempatan dan penugasan dalam maajemen ini sekolah harus teliti
menyesuaikan bidang keahlian. Yang ketiga adalan pembinaan tenaga kependidikan
hal ini dilakukan untuk memajukan dan meningkatan mutu serta efisiensi kerja
seluruh tenaga kependidikan dan yang terakhir adalah pemutusan hubungan kerja.
No comments:
Post a Comment