RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Ifti Luthviana Dewi
Nama
Sekolah : SMA N 1 Bantul
Kelas/Semester : XI
Mata
Pelajaran : Bahasa Inggris
Topik : Report Text
Keterampilan : Menulis
Alokasi
Waktu : 2 x 45 menit
I.
KOMPETENSI INTI
KI - 1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI - 2. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai) santun, responsif dan
pro–aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai
permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan
dunia.
KI- 3.Memahami ,menerapkan,
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa
ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang
kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI - 4. Mengolah, menalar, dan
menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari
yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan
kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
II.
KOMPETENSI DASAR
1.1 Mensyukuri kesempatan dapat
mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional
yang diwujudkan dalam semangat belajar.
2.1 Menunjukkan perilaku santun dan
peduli dalam melaksanakan komunikasi interpersonal dengan guru dan teman.
2.2 Menunjukkan perilaku jujur,
disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi
transaksional dengan guru dan teman.
2.3 Menunjukkan perilaku tanggung
jawab, peduli, kerjasana, dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi
fungsional.
3.9 Menganalisis struktur teks dan
unsur kebahasaan untuk melaksanakan fungsi sosial teks factual report dengan menyatakan dan menanyakan tentang teks ilmiah
faktual tentang orang, binatang, benda, gejala dan peristiwa alam dan sosial,
sederhana, sesuai dengan konteks pembelajaran di pelajaran lain di Kelas XI.
4.13 Menangkap makna dalam teks
ilmiah faktual (factual report), lisan dan tulis, sederhana, tentang orang,
binatang, benda, gejala dan peristiwa alam dan sosial, terkait dengan
Matapelajaran lain di Kelas XI.
III.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
Pada
akhir pembelajaran siswa diharakan mampu:
1.
Menunjukan
kesungguhan dalam belajar bahasa Inggris
2.
Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, percaya diri, bertanggung jawab, kerjasama, dan cinta
damai melaksanakan komunikasi dengan guru dan teman.
3.
Mengidentifikasi
general classification and description
dalam struktur teks report.
4.
Mengidentifikasi
unsur kebahasaan, dan fungsi sosial pada teks report.
5.
Menggunakan linking verb dengan baik dan benar
sesuai konteks penggunaannya.
6.
Menyusun sebuah
teks report dengan tepat dan berterima dengan memperhatikan struktur teks,
unsur kebahasaan, dan fungsi sosial.
IV.
MATERI
PEMBELAJARAN
1.
Definisi Report
text
Report
adalah sebuah teks yang menghadirkan informasi tentang suatu hal secara apa
adanya. Teks ini adalah sebagai hasil dari observasi dan analisa secara sistematis.
2.
Fungsi
Berfungsi
untuk memberikan informasi tentang suatu peristiwa atau situasi, setelah
diadakannya investigasi dan melalui berbagai pertimbangan
3.
Struktur text
a. General Clasification ; Pernyataan umum yang menerangkan subjek laporan, keterangan, dan
klasifikasinya.
b. Description :
Pada bagian ini biasanya memberikan gambaran fenomena-fenomena yang terjadi;
baik bagian-bagiannya, sifat-sifatnya, kebiasaannya, ataupun tingkah lakunya.
Intinya adalah penjabaran dari klasifikasi yang disajikan dengan ilmiah.
4.
Unsur kebahasaan
a.
Menggunakan simple present tense
b.
Menggunakan
general noun ( The Squid, not My Squid)
c.
Menggunakan
linking verb (look, grow, sound dan lain-lain)
d.
Menggunakan timeless present tense adalah salah satu
penanda waktu dalam simple present seperti "often, usually, always"
dan lain-lain.
e.
Menggunakan
bahasa deskriptif tetapi factual dan precise.
f.
Ditulis dengan
gaya formal dan objektif.
V.
METODE
PEMBELAJARAN
Menggunakan
metode Genre Based Approach (GBA)
Menggunakan
strategi menyimak, ceramah, diskusi kelompok, penugasan
VI.
MEDIA, ALAT, DAN
SUMBER PEMBELAJARAN
a.
Media : gambar, text
b.
Alat : LCD, white board, board marker
c.
Sumber
pembelajaran : beberapa contoh text, buku pelajaran Bahasa Inggris
VII.
LANGKAH-LANGKAH
KEGIATAN PEMBELAJARAN
- Kegiatan
pendahuluan
- Guru
memimpin siswa berdoa, untuk mengawali kelas
- Guru
memberi salam
- Guru
menyapa siswa, menanyakan kabar siswa, dan mengecek presensi kehadiran
- Guru
memberi motivasi siswa mengenai pentingnya keterampilan menulis agar
siswa mempunyai minat dan kesenangan dalam menulis, sehingga kepercayaan
diri siswa dapat meningkat.
- Guru
menyampaikan materi apa yang akan diajarkan.
- Guru
menjelaskan tujuan dari pembelajaran.
- Kegiatan
Inti
- Building
knowledge of the field
i.
Siswa diberi
berbagai macam teks tentang hewan yang hidup di laut dari berbagai sumber.
ii.
Siswa diminta membaca
teks berjudul “Squid” yang diberikan, lalu guru memberi pertanyaan-pertanyaan
mengenai teks tersebut, untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa.
iii.
Siswa diminta
untuk mengidentifikasi kata-kata yang belum dimengerti artinya, dan guru
mendorong siswa untuk menerka arti dari kata tersebut.
iv.
Guru meminta
siswa untuk menyimak dan mempelajari grammar yang digunakan di dalam teks.
- Modelling
of the text
i.
Guru menjelaskan
jenis teks yang akan dibahas dan ditulis, dan juga tujuan dan fungsi sosialnya.
ii.
Guru menjelaskan
struktur organisasi atau tahap dari teks beserta fungsinya.
iii.
Guru menunjukkan
contoh keseluruhan teks report berjudul “Dolphin”, lalu menunjukkan
bagian-bagian strukturnya.
iv.
Siswa diminta
untuk membaca teks tersebut, selanjutnya guru memberi beberapa pertanyaan
mengenai teks untuk mengetahui pemahaman siswa.
v.
Guru
bersama-sama dengan siswa mengidentifikasi ciri-ciri linguistik dari teks.
vi.
Guru berdiskusi
dengan siswa mengenai isi teks yang berhubungan dengan kenyataan yang siswa
hadapi.
vii.
Siswa diberikan
teks report berjudul “Jelly fish”yang mengandung beberapa kesalahan grammar,
dan meminta siswa untuk mengidentifikasi kesalahannya.
- Joint
construction of the text
i.
Guru membagi
siswa dalam kelompok atas tiga anak.
ii.
Guru memberikan
plan jenis teks report pada setiap kelompok, dan meminta siswa menulis.
iii.
Guru berjalan
mendekati siswa, menyanyakan proses dan membantu yang kesulitan menulis.
iv.
Setiap kelompok
lalu melakukan konsultasi terhadap tulisan mereka kepada guru. Guru memberi feedback untuk membangun tulisan siswa.
v.
Hasil tulisan
ditempel di papan belakang kelas.
- Independent
construction of the text
i.
Guru meminta
siswa untuk menulis satu teks report secara individu masih dengan topik yang
sama.
ii.
Guru meminta
siswa untuk menyelesaikan dirumah, dan membawanya pada pertemuan selanjutnya
untuk dikonsultasikan kepada guru.
- Kegiatan
penutup
- Guru
bertanya kepada siswa jika ada yang belum dimengerti mengenai apa yang
telah dipelajari.
- Siswa
bersama dengan guru merefleksikan kegiatan dan isi pembelajaran dengan
nilai-nilai kehidupan sehari-hari.
- Guru
mengingatkan siswa untuk mengerjakan tugas dan membawanya pada pertemuan
selanjutnya untuk dikonsultasikan.
- Guru
memberi salam.
VIII. PENILAIAN
- Struktur
organisasi (schematic sturture)
No
|
Keterangan
|
Skor
|
1
|
Siswa dapat membuat
sebuah report teks dengan struktur yang lengkap dan urut
|
2-4
|
2
|
Siswa dapat membuat
sebuah report teks dengan struktur yang kurang lengkap
|
0-2
|
3
|
Siswa tidak dapat
membuat sebuah report teks
|
0
|
- Ketepatan
tata bahasa
No
|
Keterangan
|
Skor
|
1
|
Siswa dapat
menggunakan tata bahasa dan pemilihan kata yang sesuai secara menyeluruh.
|
3-4
|
2
|
Siswa dapat
menggunakan tata bahasa dan pemilihan kata yang sesuai dengan sedikit
kesalahan
|
2-3
|
3
|
Siswa dapat
menggunakan tata bahasa dan pemilihan kata yang sesuai dengan banyak
kesalahan
|
1-2
|
4
|
Siswa tidak dapat
membuat sebuah report teks
|
0
|
- Ketercapaian
fungsi social penggunaan teks
No
|
Keterangan
|
Skor
|
1
|
Siswa dapat membuat
sebuah report teks dengan dan menyampaikan fungsi sosialnya
|
2
|
2
|
Siswa tidak dapat
membuat sebuah report teks
|
0
|
|
|
Bantul, 20 Desember 2017
Mahasiswa
Ifti Luthviana Dewi
NIM: 15202241020
|
|
Menyetujui:
|
|
Guru
................,
S.Pd
NIP.................
|
Dosen Pembimbing
................,
M.Pd
NIP.................
|
Kepala Sekolah
Drs.
................, M.Pd
NIP.................
|
Text 1
SQUID
Squid, carnivorous marine cephalopod mollusk. The
squid is one of the most highly developed invertebrates, well adapted to its
active, predatory life. The characteristic molluscan shell is reduced to a
horny plate shaped like a quill pen and buried under the mantle.
The mantle, the chief swimming organ of the animal,
is modified into lengthwise fins along the posterior end of the body and
projects forward like a collar around the head. As the mantle relaxes and
contracts, the squid swims forward, upward, and downward. Water is expelled in
jets from the muscular funnel located just below the head, propelling the squid
backward in abrupt jetlike motions. Two of the ten sucker-bearing arms (used to
steer in swimming) are tentacles that can seize prey, which is then cut into
pieces by the animal's strong beaklike jaws.
The squid breathes through gills, and may emit a
cloud of inky material from its ink sac when in danger. The circulatory and
nervous systems are highly developed. The eye of the squid is remarkably
similar to that of humans—an example of convergent evolution, as there is no
common ancestor. Squids are also distinguished by internal cartilaginous
supports. Some deep-sea forms have luminescent organs.
The common squid is found from Maine to the
Carolinas, often moving in shoals. In the United States tons of squid are used
for fish bait, particularly by the cod fisheries in New England. Squid is a
favorite food in East Asia and in the Mediterranean area. Species range in size
from about 2 in .
(5 cm ) to
the proportions of Mesonychoteuthis hamiltoni, the colossal squid, which is the
largest of all invertebrates and may attain a mantle length of 13 ft (4 m ) and total length of 33–46
ft (10–14 m), and the giant squid, Architeuthis dux, which has a mantle length
of 7.4 ft
(2.25 m )
and it is known to reach 43 ft
(13 m ) in
total length.
Squids are classified in the phylum Mollusca, class
Cephalopoda, order Teuthoidea.
1.
What is the generic structure of the text?
a.
Description-general classification
b.
Thesis-arguments-recommendation
c.
General classification – description
d.
Reiteration-arguments-recommendation
2.
What is the
writer’s purpose in writing the passage?
a.
To entertain the
reader about animals
b.
To persuade the
reader to nurture squid.
c.
To present the
difference between squid with other animals.
d.
To give
information about a squid.
3.
“…one of the
most highly developed invertebrates”. The underlined word has the same
meaning with…
a.
Tall
b.
Very high
c.
Advanced
d.
Extremely
4.
The sentences
bellow that use linking verb is…
a.
The squid
breathes through gills
b.
The squid swims
forward, upward, and downward
c.
The squid grows quickly
in shoals
d.
The common squid
is found from Maine to the Carolinas
5. What
is the main idea of the second paragraph?
a. The mantel can produce ink to save squid from
predators.
b. The role of the squid’s mantle as the main
swimming part.
c. The mantle has many tentacles that can snatch
target.
d. The tentacles can relaxes and contracts.
Text 2 (siswa diminta untuk mengoreksi kesalahan
grammar)
Jelly Fish
Jellyfish are
not really fish. They belong to invertebrate animals. It means that unlike fish
generally or people, they have no backbones. In fact, they have no bones at
all.
Jellyfish has stomachs and mouth, but no heads. They have
nervous system for sensing the world around them, but they have no brains. They
are made almost entirely of water, which is why you can look through them.
Some jellyfish could glow in darkness by making their own light. The
light is made by a chemical reaction inside the jellyfish. Scientists believe
jellyfish glow for several reasons. They may glow to scare away predators or to
attract animals they want to eat, for instance.
Most jellyfish
live in salt water, apart from a few types that live in fresh water. Jellyfish is found in oceans and seas all over the world. They is found in warm, tropical seas and in icy water near
the North and South poles.
Text 3
Dolphin
Dolphin is a
very intelligent animal. They are mammals that live in the sea. Although
classified as mammals, many people calling them as fish, because these animals
can indeed live in the water and swim like a fish. In fact, dolphins like cats,
cows, and goats which are truly a mammal or a breastfeeding animal.
They are one
part of the aquatic cetaceans’ nation. To move easily, they have a body that is
tapered and shaped like a torpedo. They can move in the water easily because
they have two parts of body namely the pectoral fins and dorsal fins.
They are one
type of marine animal that is very flexible because they can live in all waters
that exist in the world. They can be met anywhere either tropical or
sub-tropical regions. There are many species of dolphins that choose to live in
coastal waters as we often find at the Kiluan Bay in Lampung. Nevertheless,
most of the dolphins prefer to live in the open sea or called as oceanic.
Indonesia has a
lot of waters where the dolphins live in it. In addition to Lampung coastal
waters, dolphins spread from the Mahakam river until Segara lagoon area in
Central Java. Meanwhile, the sea which has dolphins inside it is Sawu Sea in
Maluku.
Sumbeer: www.belajarbahasainggrisku.com
No comments:
Post a Comment