RPP Sifat dan keadaan orang dan benda SKILL SPEAKING


IFTI LUTHVIANA DEWI


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah          : SMP N 1 Jetis
Kelas/Semester         : VII
Mata Pelajaran         : Bahasa Inggris
Topik                        : Sifat dan keadaan orang dan benda
Keterampilan            : Speaking
Alokasi Waktu         : 20 menit
I.              KOMPETENSI INTI
KI- 3.Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI - 4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
II.           KOMPETENSI DASAR
3.5 Mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait dengan sifat orang, binatang, benda sesuai dengan konteks penggunaannya (Perhatikan unsur kebahasaan be, adjective)
4.5 Menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis sangat pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan  memberi dan meminta informasi terkait sifat orang, binatang, dan benda, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
III.        TUJUAN PEMBELAJARAN
Pada akhir pembelajaran siswa diharakan mampu:
1.      Mengidentifikasi adjective dan fungsinya dalam kalimat tertulis.
2.      Mengidentifikasi struktur penggunaan adjective dalam kalimat.
3.      Menyusun dan mengungkapkan sebuah kalimat tanya terkait sifat seseorang dengan tepat dan berterima dengan memperhatikan struktur teks, unsur kebahasaan, dan fungsi sosial.
4.      Dapat menjawab sebuah kalimat tanya tentang mendeskripsikan seseorang dengan tepat dan berterima dengan memperhatikan struktur teks, unsur kebahasaan, dan fungsi sosial.

IV.        MATERI PEMBELAJARAN
1.      Definisi dan fungsi adjective
Adjective adalah kata sifat yang berfungsi untuk menerangkan/mendeskripsikan kata benda (noun) atau pronoun.
2.      Unsur kebahasaan
a.       Struktur kalimat menanyakaan bagaimana penampilan seseorang
What do you look like?
What is the color of your hair?
What clothes do you like to wear?
b.      Mendeskripsikan seseorang menggunakan adjective
My name is Jane. I’m medium high. I have long purple hair. My eyes are green. My skirts are blue. I am wearing funky clothes. I look really trendy from my head to my toes.

V.           METODE PEMBELAJARAN
Menggunakan metode PPP
Menggunakan strategi menyimak, diskusi, games.

VI.        MEDIA, ALAT, DAN SUMBER PEMBELAJARAN
a.    Media  : Powerpoint, gambar, game
b.    Alat     : LCD, sounds, white board, board marker
c.    Sumber pembelajaran : video, beberapa contoh kalimat, flashcard

VII.     LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
  1. Kegiatan pendahuluan
    1. Guru memimpin siswa berdoa, untuk mengawali kelas
    2. Guru memberi salam
    3. Guru menyapa siswa, menanyakan kabar siswa, dan mengecek presensi kehadiran
    4. Guru memberi motivasi siswa mengenai pentingnya keterampilan berbicara agar siswa mempunyai minat dan kesenangan dalam menulis, sehingga kepercayaan diri siswa dapat meningkat.
    5. Guru menyampaikan materi apa yang akan diajarkan.
    6. Guru menjelaskan tujuan dari pembelajaran.
  2. Kegiatan Inti
    1. Presentation
                                                        i.            Guru mereview pelajaran pertemuan yang lalu dengan meminta siswa menulis nama panggilannya di buku.
                                                      ii.            Guru meminta siswa menuliskan deskripsi singkat mengenai dirinya menggunakan setiap huruf namanya menjadi huruf pertama.
                                                    iii.            Guru menunjukkan contoh di PowerPoint.
                                                    iv.            Guru meminta siswa membacakan hasil deskripsi berdasarkan huruf depan nama panggilan.
                                                      v.            Guru memutar video mengenai cara bertanya dan mendeskripsikan orang, siswa diminta memperhatikan video.
                                                    vi.            Guru menjelaskan bagaimana cara mendeskripsikan orang dengan menunjukkan gambar di powerpoint.
                                                  vii.            Guru menunjukan gambar lain dan meminta siswa mendeskripsikan bersama.

    1. Practice
                                                        i.            Guru membagikan flashcard kepada masing-masing siswa.
                                                      ii.            Guru menjelaskan bagaimana cara bermain gamenya. Yaitu siswa diminta untuk mencari siapa tetangga sampingnya dengan cara menanyai ciri-ciri setiap orang. Setelah bertemu dengan tetangga yang dicarinya, siswa diminta untuk membuat sebuah barisan urut menurut letak rumahnya.

    1. Production
                                                        i.            Guru memberi siswa pekerjaan rumah untuk membuat deskripsi tentang rumahnya. Deskripsi disertai dengan gambar dan dikumpulkan pada pertemuan berikutnya.


  1. Kegiatan penutup
    1. Guru bertanya kepada siswa jika ada yang belum dimengerti mengenai apa yang telah dipelajari.
    2. Siswa bersama dengan guru merefleksikan kegiatan dan isi pembelajaran dengan nilai-nilai kehidupan sehari-hari.
    3. Guru mengingatkan siswa untuk mengerjakan tugas dan membawanya pada pertemuan selanjutnya untuk dikonsultasikan.
    4. Guru memberi salam.

                           


Bantul, 26 Februari 2018
Mahasiswa


Ifti Luthviana Dewi
NIM: 15202241020








No comments:

Ads