LAPORAN PRAKTIKUM BIOLOGI PENGAMATAN STOMATA DAN TRICHOMATA #2


LAPORAN PRAKTIKUM BIOLOGI
PENGAMATAN STOMATA DAN TRICHOMATA












disusunoleh:


SMA N 1 BANTUL
2016/2017




PENGAMATAN STOMATA DAN TRICHOMATA

I.                    TUJUAN
Tujuan dari pengamatan tersebut adalah untuk mengetahui derivate epidermis daun (stomata dan trichomata).
II.                 ALAT DAN BAHAN
*      Alat
Mikroskop
Beker glass
Pipet tetes

Preparat

Silet


*      Bahan
1.      Daun Rhoeodiscolor (untuk stomata (diiris pada permukaan bawah))
2.      Daun Waru (untuk Trichomata (diiris tulang daunnya))
3.      Daun Jagung (untuk stomata (diiris pada permukaan bawah))
4.      Daun Jati ((untuk Trichomata (diiris tulang daunnya))


III.               CARA KERJA
a.       Siapkan alat dan bahan
b.      Buat preparat dengan cara menyayat bagian daun ataupun tulang daun setipis mungkin menggunakan silet
c.       Letakkan sayatan tadi di atas preparat. Beri sedikit air lalu tutup preparat tersebut
d.      Lakukan pengamatan menggunakan mikroskop
e.       Amati dan foto hasil pengamatan

IV.              Hasilpengamatan
Gambar
Keterangan
Daun Rhoeodiscolor


Tipe stomata anisositik, terdapat sel penutup, dan terdapat sel tetangga

DaunWaru


  1. Berwarna hijau agak tua
  2. Rambut bercabang bersel banyak (trikomata)
  3. Bentuk trikoma seperti bintang
  4. Terdapat inti sel

DaunJati

21  Rambut bercabang, bersel banyak (trikomata), dan terdap atin tisel
DaunJagung

tipe stomata diasitik, bentuk stomata bulat memanjang dan stomata tersusun rapi atau tidak menyebar, terdapat sel penutup, dan terdapat sel penjaga


V.                 PEMBAHASAN
Praktikum kali ini adalah tentang epidermis dan derivatnya.Sebelum kita melakukan praktikum ini kita harus mengetahui alat dan bahan yang akan digunakan. Bahan – bahan yang digunakan adalah daun Rhoeodiscolor, daun waru, daun jagung dan daun jati. Alat yang paling utama dalam praktikum ini adalah mikroskop, karena kita mengamati tentang sel yang tidak tampak dengan mata telanjang.
a.       Daun Rhoeodiscolor
Pada pengamatan daun tumbuhan Rhoeo discolor pada mikroskop cahaya terlihat jaringan epidermis pada daun tumbuhan Rhoeo discolor yang berbentuk persegi panjang dan susunan selnya rapat yang berfungsi sebagai pelindung sel-sel yang ada dibawahnya. Dan juga terdapat stomata,stomata ini terdiri dari satu porus atau celah dan dua sel penutup yang mengapitnya. Stomata berperan penting dalam proses respirasi dan transpirasi pada tumbuhan. 

b.      Daun Jagung(Zea mays)
Tipe stomata pada daun jagung (Zea mays) adalah diasitik.Pada daun jagung terdapat stomata yang berbentuk diantgus-diasthik seperti bulat telur.Pada stomata terdapat bagian-bagian diantaranya sel tetangga, sel penutup, dan inti sel. Pada bagian dorsal terdapat jaringan epidermis.Epidermis ini berfungsi sebagaipelindung jaringan dibawahnya.Pada stomata telah ditemukan sel tetangga dan sel penutup.Sel tetangga terletak di atas stomata dan sel sel penutup terdapat dibawah inti sel. Sel penutup yang terdapat stomata yang berbentuk seperti ginjal dan sel tetangga terletak berbatasan langsung dengan sel penutup.

c.       Daun Waru (Hibiscus tiliaceuss)
Pada daun Waru yang telah diamati tampak adanya trikomata dengan jenis rambut bercabang bersel banyak dan berwarna hijau agak tua.Rambu – rambut ini berbentuk seperti bintang.
Trikomata merupakan rambut bersel satu atau bersel banyak yang dibentuk dari sel epidermis.Struktur yang lebih besar dan padat seperti kutil dan duri yang tersusun dari jaringan epidermis.Pada trikomata yang berbentuk bintang merupakantri komata yang tidak menghasilkan secret pada epidermis.Hal ini terjadi pada daun waru.
                                                     
d.      Daun Jati
Pada daun Jati yang telah diamati tampak adanya trikomata dengan jenis rambut bercabang bersel banyak dan terdapat inti sel.

VI.              Kesimpulan
Kesimpulan yang dapat diambil dari pecobaan pengamatan stomata dan tricomata adalah
-         Pada irisan daun bunga ungu (Rhodeoscalar) terdapat stomata dan juga terlihat jelas sel penutup dan sel tetangga pada daun tersebut. Jika dibandingkan oleh literature daun Rhodeoscalar ini merupakan jenis stomata anisositik yang dilihat berdasarkan susunan sel epidermis yang ada di samping sel penutup.
-         Pada daun waru (Hibiscustiliaceuss) yang telah diamati tampak adanya trikomata dengan jenis rambut bercabang bersel banyak  dan berwarna hijau agak tua. Rambut-rambut ini berbentuk seperti bintang
-         Pada irisan daun jati tampak adanya trikomata yang berbentuk seperti rambut dan bulu
-         Pada irisan jagung (Zea mays) terlihatadanya stomata yang dikelilingi sel tetangga yang melingkar secara radial yang jumlah sel tetangganya berjumlah empat atau lebih. Tipe stomata pada daun jagung (zea mays) adalah dianthusdiasitik.

No comments:

Ads