Manajemen Pendidikan Tatang M. Amirin, dkk.

Manajemen Pendidikan
Identitas Buku:
                Judul buku          : Manajemen Pendidikan
                Jenis buku           : Buku pegangan kuliah
                Penulis                 : Tatang M. Amirin, dkk.
Penerbit              : UNY Press
Terbit                    :
Halaman              : 1/172

   Manajemen Pendidikan sebagai mata kuliah umum sangat dipentingkan bagi para mahasiswa ilmu kependidikan karena sangat membantu par mahasiwa untuk mengembangkan keahlian nya sebagai seorang pendidik. Buku Pegangan Kuliah Manajemen Pendidikan pun juga sangat membantu dalam memfasilitasi mahasiwa karena ditulis dengan sangat terperinci disetiap bab nya dari bagaimana menyusun organisasi didunia pendidikan hingga mengevaluasi proses pendidikan.

   Selanjutnya dalam ulasan isi, akan dijabarkan setiap isi dari setiap bab yang ada didalam buku Manajemen Pendidikan yang mana terdapat 10 bab,
BAB I Konsep Dasar Manajemen Pendidikan, didalam bab ini penulis mencoba mengklarifikasi paradigm seorang guru yaitu guru bukanlah seorang pengajar namun seorang pendidik, seorang pengajar hanya mentransfer pengetahuan namun seorang pendidik bukan hanya mentransfer pengetahuan namun juga menanamkan nilai dan norma. Selanjutnya penulis juga memberikan komponen yang ada dalam system pendidikan yaitu (1) pendidik (2) pedidik (3) materi ajar atau kurrikulum (4) sarana dan prasarana pendidikan (5) tujuan pendidikan dan penjabaran selanjutnya adalah praktek manajemen untuk komponen-komponen tersebut yang pertama adalah manajemen penyelenggaraan pendidikan yang dimana berarti menyelenggarakan pendidikan yang disertai pengelolaan dan pengendalian dari lingkup terkecil yakni lingkup kelas yang dapat mengendalikan dan mengelola langsung para peserta didik. Selanjutnya manajemen administrative dalam pendidikan terdiri atas (1) perencanaan, yakni merencanakan kegiatan-kegiatan yang sesuai dengan tujuan kependidikan (2) pengorganisasian yakni menata berbagai kegitan menjadi beberapa unit atau jabatan (3) merekrut dan menempatkan staf, dalam dunia kependidikan proses ini adalah perekrutan peserta didik melalui beberapa metode seperti tes dan penempatan tenaga didik yang sudah sesuai aturan tertentu (4) memberikan perintah pada staf-staf yang ada (5) penyatua langkah para staf (6) mengendalikan dan mengawasi kinerja staf. Selanutnya adalah manajemen pendidikan sesuai dengan jenjangnya (formal, informal dan nonformal) yang memiliki rancangan pembelajaran (RPP) dan kurikulumnya berbeda maka terdapat manajemen yang berbeda juga.  
BAB II Organisasi Lembaga Pendidikan, organisasi didefinisikan sebagai bermacm cara yang pada intinya mencakup berbagai factor yang menimbulkan organisasi yaitu kumpulan orang, ada kerjasama dan tujuan yang telah ditetapkan. Dalam pengelolaan organisasi pendidikan menurut Keputusan Menteri Pendidikan Nasional No. 044 tahun 2002 tentang Dewan Pendidikan dan Komite Sekolah. Dewan Pendidikan adalah badan yang mewadahi peran serta masyarakat  dalam ragka peningkatan mutu, pemerataan dan efisiensi pengelolaan pendidikan. Sedangkan Komite Sekolah adalah badan mandiri yang mewadahi peran serta masyarakat dalam peningkatan mutu, pemertaan dan efisiensi pengelolaan dalam satuan pendidikan. Pengorganisasian pendidikan juga didasarkan pada jenjang dan jenis pendidikan.
BAB III Manajemen Kurikulum, kurikulum adalah segala kesempatan untuk memperolah pengalaman yang dituangkan dalam bentuk rencana yang digunakan sebagai pedoman penyelengraaan kegiatan pembelajaran di sekolah. Manjemen kurikulum disekolah yang pertama adalah perencanaan kurikulum dalam perencanaan harus diperhatikan karakteristik kurikulum yang bai, baik dari segi isi, pengorgaanisasian maupun peluang-peluang untuk menciptakan pembelajaran yang baik. Apa yang dilakukan guru dalam perencanaan pembelajaran antara lain persiapan mengajar, pembuatan silabus, pemilihan bahan ajar dan seterusnya. Yang kedua adalah pelaksanaan kurikulum, manajemen pada tahap ini adalah pengelolaan pembelajaran misalnya dalam manajemen kelas. Dan yang ketiga adalah evaluasi kurikulum, manajemen ini dimaksudkan untuk melihat atau menaksir kurikulum yang digunakan oleh guru.
BAB IV Manajemen Peserta Didik, dalam manajemen peseta didik yang pertama terdapat perencanaan peserta didik langkah-langkah yang digunakan dalam manajemen ini antara lain (1) analisis kebutuhan peserta didik (2) rekruitmen peseta didik (3) seleksi peserta didik (4) orientasi (5) penempatan peserta didik (6) pencatatan dan pelaporan. Manajemen yang kedua adalah pembinaan peserta didik, dalam manajemen ini terdapat layanan bimbingan dan konseling, layanan perpustakaan, layanan kantin, layanan kesehatan, layanan transportasi dan layanan asrama. Yang ketiga adalah evalusi kegiatan peserta didik, manajemen ini berarti menilai proses dan hasil belajar siswa dan didukung dengan program remedial dan pengayaan. Dan yang terakhir adalah mutasi peserta didik.

BAB V Manajemen Tenaga Kependidikan, pada dasarnya aplikasi manajemen ini yang pertama adalah rekruitmen yang meliputi proses pengumuman kebutuhan pegawai, menyeleksi sampai pada pengangkatan pegawai. Yang kedua adalah penempatan dan penugasan dalam maajemen ini sekolah harus teliti menyesuaikan bidang keahlian. Yang ketiga adalan pembinaan tenaga kependidikan hal ini dilakukan untuk memajukan dan meningkatan mutu serta efisiensi kerja seluruh tenaga kependidikan dan yang terakhir adalah pemutusan hubungan kerja. 

No comments:

Ads