PAPER TOKOH LINGUISTIK “JOHN M. ECHOLS”

PAPER TOKOH LINGUISTIK
“JOHN M. ECHOLS”
Disusun Guna Memenuhi Tugas Ilmu Pendidikan
Semester II Tahun Akademik 2015/2016



Disusun Oleh :
ARYANTI EKA LESTARI         NIM. 15202241018
AYU LARASATI                          NIM. 15202241019
IFTI LUTHVIANA DEWI           NIM. 15202241020


PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS
FAKULTAS BAHASA DAN SENI
UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA
2016
JOHN M. ECHOLS
            John Minor Echols (John M. Echols) adalah seorang profesor emeritus dalam bidang linguistik dan studi Asia di Cornell University. Di Indonesia, Echols dikenal sebagai penulis Kamus Inggris-Indonesia dan Kamus Indonesia-Inggris yang berkolaborasi dengan Hassan Shadily. Di antara berbagai kamus Inggris-Indonesia dan Inggris-Indonesia yang beredar di pasaran, kedua kamus karangan Echols dan Shadily tersebut merupakan kamus standar yang biasa digunakan dalam pengajaran di Indonesia.
Kehidupan Awal dan Keluarga
            John M. Echols lahir pada tanggal 25 Maret 1913 di Portland, Oregon, dimana orang tuanya tinggal sementara. Ketika Echols berusia tiga tahun, keluarganya pindah ke West Virginia.
            Istri John M. Echols bernama Nancy Dober Echols. Mereka bertemu ketika Echols masuk Lane High School di Charlottesville, Virginia. Dari pernikahannya, mereka dikaruniai dua orang anak perempuan, Jane E. Libey dan Renny E. Staples.
Riwayat Pendidikan
            John M. Echols menempuh pendidikan menengahnya di Lane High School pada tahun 1927. Echols kemudian melanjutkan kuliah di University of Virginia untuk program sarjana dan masternya. Namun, Echols terpaksa berhenti kuliah pada tahun 1933-1934 karena permasalahan finansial. Ia kemudian bekerja sebagai penjual obat.
            Meskipun demikian, selama dalam masa berhenti kuliah, Echols terus membaca naskah drama dan novel Jerman serta beberapa karya linguistik. Echols juga mempelajari bahasa Norwegia dan Rusia serta mengambil kuliah koresponden jurusan bahasa Rusia yang ditawarkan oleh University of Chicago.
            Pada tahun 1935, Echols dapat melanjutkan kembali kuliahnya yang sempat tertunda di University of Virginia. Echols meraih gelar doktornya di bidang Germanic Philology pada tahun 1940. Thesisnya berjudul “The Numerals 1-10 in Indo-European : A Study of the Cardinals”.

Karir
            Sejak Juni 1940 sampai 1942, John M. Echols bekerja di divisi katalog Alderman Library. Selanjutnya, Echols bekerja di Angkatan Laut sampai tahun 1947 sebagai asisten atase angkatan laut spesialis bahasa Swedia dan Jerman. Tidak lama setelah itu, ia menjabat sebagai wakil direktur di School of Languages and Lingistics di State Department's Foreign Service Institute.
            John M. Echols mulai bekerja di Cornell University pada tahun 1952 sampai masa pensiunnya pada tahun 1978 ketika ia menjabat sebagai associate director dalam  Cornell Southeast Asia Program dan Modern Indonesia Project. Ketika berada di Cornell, Echols juga bekerja dengan United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO)  dan Rockefeller Foundation dalam pengembangan program bidang bahasa dan literatur komparatif Asia Tenggara. Ia juga menjabat sebagai presiden Association for Asian Studies pada tahun 1977-1978.
Karya-karya
            Berikut ini adalah beberapa buku yang pernah ditulis oleh John M. Echols :
1.      An Indonesian-English Dictionary (bekerja sama dengan Hassan Shadily, di Indonesia diterbitkan sebagai Kamus Indonesia-Inggris dan Kamus Inggris-Indonesia), diterbitkan pertama kali pada tahun 1961.
2.      Preliminary Checklist Of Indonesian Imprints During The Japanese Period (March 1942-August 1945), diterbitkan pada tahun 1963.
3.      A Guide To Indonesian Serials, 1945-1965, tersedia di Cornell University Library
4.      Indonesian Writing in Translation
Akhir Hayat

            John M. Echols meninggal dunia dalam tidurnya di kediamannya di Itacha, New York. Echols meninggal pada hari Rabu, 16 Juni 1982 di usia 69 tahun.

No comments:

Ads