MAKALAH URGENSI PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN BAGI GENERASI MUDA

MAKALAH
URGENSI PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
BAGI GENERASI MUDA
Disusun Guna Memenuhi Tugas Pendidikan Kewarganegaraan
Semester II Tahun Akademik 2015/2016




Disusun Oleh :
IFTI LUTHVIANA DEWI
NIM. 15202241020


PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS
FAKULTAS BAHASA DAN SENI
UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA
2016



BAB I
PENDAHULUAN
A.      Latar Belakang
Kunci majunya suatu negara adalah dengan memiliki generasi yang memiliki moral yang baik juga memiliki rasa memahami dasar Negara lalu menginterpretasikan dalam kehidupan dengan memiliki generasi muda dengan moral yang baik maka suatu Negara akan menjadi Negara yang maju karena dipimpin oleh sumber daya manusia yang bermoral serta berkarakter. Mereka adalah subjek yang harus diberi pendidikan atas dasar Negara yang baik demi masa depan suatu Negara yang maju dan sejahtera. Demi mewujudkan generasi emas pada tahun 2050 negara Indonesia menjalankan misi bela Negara dan pendidikan pancasila untuk para generasi muda.
Pada masa ini, generasi muda sudahlah tidak memahami dasar Negara, nilai, norma serta ideology suatu Negara, moral mereka sudah bertolak belakang dengan apa yang menjadi dasar pemikiran masyarakat Indonesia, sudah tidak mencintai produk dalam negeri, menghabiskan waktu untuk hal yang mewah dan hal yang lain yang tidak sesuai dengan identitas bangsa. Dengan adanya ini maka sangat penting bagi pemerintah untuk menyelesaikan fundamental Negara yakni generasi muda.
Maka dari itulah, pendidikan pancasila atau pendidikan kewarganegaraan sebagai sarana pembelajaran yang tepat bagi generasi muda, disitulah mengapa urgensi pendidikan pancasila atau pendidikan kewargganegaraan sangat lah menjadi hal yang serius untuk dibahas.



B.       Rumusan Masalah
1.      Apakah Pendidikan Kewarganegaraan itu sendiri?
2.      Bagaimana pentingnya Pendidikan Kewarganegaraan bagi generasi muda?

















                                                            BAB II
PEMBAHASAN
A.      Pengertian Pendidikan Kewarganegaraan
Pendidikan Kewarganegaraan adalah mata pelajaran atau mata kuliah wajib yang mengajarkan tentang pengetahuan dan kemampuan dasar berkenaan dengan hubungan antara warga negara dengan negara, serta bekal agar menjadi warga negara yang dapat diandalkan oleh bangsa dan Negara.
Tujuan Pendidikan Kewarganegaraan adalah mewujudkan warga negara sadar bela negara berlandaskan pemahaman politik kebangsaan, dan kepekaan mengembangkan jati diri dan moral bangsa dalam perikehidupan bangsa. Sehingga dapat terbentuk kepribadian peserta didik sebagai warga Negara Indonesia yang baik dan benar.

B.       Pentingnya PKn bagi Generasi Muda
Generasi muda adalah generasi yang diharapkan oleh bangsa dan  yang memasuki periode dimana pada usianya dia dapat melakukan pilihan tindakan yang bertanggung jawab, karena itulah pendidikan moral dan akademis sangatlah dibutuhkan untuk menunjang pribadi seorang generasi ini untuk masa depan.
Di usia belia, mereka para generasi muda masih sering bertindak semaunya sendiri, egois, tidak peduli dengan lingkungan apalagi dengan kondisi negaranya.
Contohnya, banyak pemuda yang golput dalam pemilu, hal itu menunjukan bahwa generasi pemuda jaman sekarang tidak peduli dengan masa depan negaranya. Hal ini tidak bisa dibiarkan begitu saja, karena siapa lagi yang akan memimpin dan mengurus Negara di masa depan jikalau generasi muda jaman sekarang tidak mengerti dan paham akan kebutuhan dan permasalahan yang ada dalam Negara ia tinggal.
Contoh lain, belakangan ini banyak terjadi pelecehan terhadap harga diri bangsa salah satunya yaitu masalah yang dihadapi oleh salah satu artis penyanyi muda papan atas yang melecehkan lambang Negara dengan menggantinya dengan lambang “bebek nungging”, diketahui hal itu terjadi karena Dia hanya menempuh bangku sekolah sampai lulus SD dan pengetahuannya tentang kewarganegaraan kurang. Hal tersebut membuktikan bahwa pendidikan Kewarganegaraan memang penting bagi generasi muda sebagai pengetahuan maupun implementasinya pada kehidupan sehari-hari. Biasanya hanya ada sebagian kecil individu atau kelompok yang benar-benar peduli dan berbuat untuk menjaga martabat bangsanya. Atau mungkin ada yang hanya bicara saja bahwa ia peduli namun mereka tidak berbuat apa-apa. Hal semacam ini harus dihindari, karena hanya dengan adanya kekompakan, maka akan diperoleh hasil yang maksimal.
Dari pengertian Pendidikan Kewarganegaraa, dapat ditarik inti yaitu Pendidikan Kewarganegaraan merupakan hal yang wajib diajarkan mulai dari pendidikan dasar, hingga kependidikan tinggi. Karena tujuan utama pendidikan kewarganegaraan adalah untuk memberi pengetahuan, wawasan dan kesadaran generasi muda dalam bernegara, sikap dan perilaku cinta tanah air yang sesuai dari kebudayaan bangsa sendiri, serta pemahaman nasionalisme dalam diri generasi muda sebagai bibit-bibit harapan bangsa Indonesia. Selain memiliki dasar keilmuan, generasi muda penerus Indonesia dituntut memiliki kepribadian yang baik dan bisa menjaga nama Indonesia dengan baik. Maka karena itu didibutuhkan pembelajaran sebagai bekal agar dapat memenuhi harapan tersebut.
Dengan adanya pengetahuan tentang Pkn, generasi muda diharapkan dapat mengimplementasikan ilmu yang didapatkannya untuk menjadi seorang warga Negara yang sanggup bertindak cerdas, bijaksana dan penuh tanggung jawab dalam berhubungan dengan Negara serta dalam menyelesaikan berbagai masalah bermasyarakat, berbangsa dan bernegara dengan menerapkan ilmu yang mereka dapatkan dari pelajaran PKn.  
Dengan demikian, Pendidikan Kewarganegaraan mutlak diperlukan bagi generasi muda. Maka dari itu Pendidikan kewarganegaraan sekarang menjadi pelajaran wajib untuk anak SD hingga Mahasiswa.
















BAB III
PENUTUP
A.      KESIMPULAN DAN SARAN
Negara yang akan melangkah maju membutuhkan daya dukung besar dari masyarakat, membutuhkan tenaga kerja yang lebih berkualitas, dengan semangat loyalitas yang tinggi, terutama adalah generasi muda yang sangat diharapkan. Generasi muda harus disadarkan untuk segera mengabdikan dirinya pada negaranya, bersatu padu dalam tujuan yang sama untuk menghadapi setiap masalah, kepercayaaan, moral dan lain-lain. Pendidikan kewarganegaraan adalah sebuah sarana tepat untuk memberikan fasilitas secara langsung tentang hal-hal yang bersangkutan tentang kewarganegaraan pada generasi muda terutama ada mahasiswa.


No comments:

Ads