CONTOH NASKAH PIDATO TENTANG LINGKUNGAN


IFTI LUTHVIANA DEWI
16 / XII IPA 2

Pentingnya Pelestarian Lingkungan
Bagi Kelangsungan Hidup

Assalamu’alaikum
PYang terhormat Ibu Martinem selaku guru Bahasa Indonesia dan teman-teman yang saya cintai. Marilah pertama-tama kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan karunianya kepada kita semua sehingga kita dapat berkumpul di tempat ini dalam keadaan sehat. Terima kasih telah memberi kesempatan kepada saya untuk menyampaikan pidato yang berjudul “Pentingnya Pelestarian Lingkungan Bagi Kelangsungan Hidup”.
Hadirin yang saya hormati, lingkungan adalah salah satu bagian terpenting dari bumi ini. Sebagai salah satu bagian dari bumi ini, lingkungan sangat berperan bagi kelangsungan hidup semua makhluk hidup di bumi ini. Selain itu, tanpa adanya lingkungan yang asri dan terawat semua makhluk hidup akan kesulitan untuk hidup karena lingkungan salah satu tempat hewan-hewan tinggal dan mencari makan. Selain itu, lingkungan yang penuh dengan pohonan dan tumbuhan dapat mengurangi adanya bencana alam. Maka, mengapa tidak dari sekarang kita mulai untuk memahami pentingnya lingkungan bagi kelangsungan hidup kita?
Pada saat ini, banyak sawah yang dulunya digunakan untuk menanam padi sekarang beralih fungsi menjadi perumahan maupun bangunan-bangunan lainnya. Apalagi kini, sebagian besar hutan di Indonesia mulai gundul karena perbuatan manusia yang menebangi pohon-pohon di hutan dengan seenaknya tanpa memikirkan apa yang akan terjadi setelahnya. Dan juga banyaknya kendaraan bermotor menyebabkan polusi udara tanpa diimbangi dengan pepohonan yang dapat mengurangi polusi udara tersebut.
Jadi, untuk mengurangi kerusakan alam itu kita harus mulai dari sekarang untuk melestarikannya dengan kegiatan seperti :
1)      Melakukan Reboisasi atau Penanaman Hutan Kembali.
Dengan cara melakukan Reboisasi atau Penanaman Hutan Kembali dapat memperbaiki Lapisan Ozon yang mulai menipis karena Pencemaran Udara atau Polusi.
2)      Jarang memakai Kendaraan yang memakai Bahan Bakar Minyak (BBM).
Jarang memakai Kendaraan yang memakai Bahan Bakar Minyak karena biasanya Kendaraan seperti itu juga menyebabkan Pencemaran Udara atau Polusi.
3)      Memakai kendaraan yang Ramah Lingkungan.
Dengan memakai kendaraan Ramah Lingkungan kita bisa mengurangi Pencemaran Udara atau Polusi. Contoh kendaraan Ramah Lingkungan adalah sepeda, delman, atau becak.
4)      Ketika akan membangun Gedung, buatlah Gedung dengan pendekatan lingkungan.
Gedung yang dibangun dengan pendekatan Lingkungan disebut Gedung Hijau. Gedung itu biasanya menggunakan kaca sebagai tembok dan saat siang hari menggunakan Matahari sebagai lampu.
5)      Banyak menggunakan Energi Alternatif.
Energi Alternatif adalah sebuah Energi yang Ramah Lingkungan dan tidak pernah habis. Contoh Energi Alternatif adalah Air, Angin, Panas Matahari, dan Kayu..maka,

Maka dari itu, kita harus melestarikan alam dan memulainya dari sekarang. Karena alam sangatlah penting bagi kelangsungan hidup manusia.
Nah, begitulah pidato yang dapat saya sampaikan kurang lebihnya mohon maaf bila ada perkataan yang kurang berkenan di hati Anda. Terimakasih atas perhatiannya.
Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

No comments:

Ads