Resensi Manajemen Pendidikan


Resensi Manajemen Pendidikan


Judul               : Manajemen Pendidikan
Pengarang       : Tatang M. Amirin, dkk.
Penerbit           : UNY Press
Tahun              : 2015
Tebal               : 172 halaman

            Mengambil jurusan Pendidikan, tentu Mahasiswa tidak hanya mempelajari ilmu sesuai bidang masing-masing yang telah dipilih. Berbeda dengan Mahasiswa yang mengambil ilmu murni, Mahasiswa jurusan Pendidikan juga dibekali hal-hal yang berkaitan dengan dunia pendidikan seperti teknik mengajar, penyusunan materi, serta salah satunya adalah manajemen di dunia pendidikan.
            UNY sebagai Universitas yang menyediakan jurusan Pendidikan juga membekali mahasiswanya dengan Buku Pegangan Kuliah (BPK) Manajemen Pendidikan. Buku ini dibuat sendiri oleh UNY, khususnya oleh Tim Dosen Administrasi Pendidikan-FIP UNY.
            Bab I telah menyajikan penjelasan panjang lebar tentang konsep dasar Manajemen Pendidikan, di mana penjelasan kurang efektif terutama pada hakikat-hakikat pendidikan dan manajemen. Barulah memasuki bahasan Manajemen Pendidikan sendiri, penjelasan detail yang ada sangat bagus.
            Memasuki bab II, buku ini mencoba menjelaskan tentang organisasi lembaga pendidikan, yakni tentang konsep, struktur, pengelolaan, serta jalur, jenjang dan jenis pendidikan yang ada. Skema yang digambarkan telah disertai penjelasan dan fungsi dari tiap-tiap bagian, jadi pembaca akan lebih mudah memahami gambaran skema/struktur yang ada.
            Bab III menjelaskan tentang manajemen kurikulum. Dimulai dari konsep dasar seperti bab sebelumnya, kemudian komponen kurikulum yang terdiri atas tujuan, isi, proses dan strategi pembelajaran, media, serta evaluasi. Proses manajemen kurikulum sendiri juga dijelaskan, mulai dari perencanaan, pelaksanaan, evaluasi hingga pengembangan kurikulum.  Bahkan perkembangan kurikulum di Indonesia juga dibahas dan diakhiri dengan target/gambaran seperti apa kurikulum yang ideal itu. Secara umum bab ini sudah lengkap tapi pada skema tertentu ada yang masih menggunakan bahasa Inggris, belum diterjemahkan ke Indonesia.
            Pada bab IV buku ini juga telah menjelaskan dengan sangat baik tentang manajemen peserta didik, mulai dari rekruitmen/penerimaan, layanan apa saja yang berhak didapat peserta didik di sekolah, kegiatan evaluasi bahkan sampai pasca-evaluasi seperti program pengayaan dan remidial, serta penjelasan tentang mutasi/perpindahan peserta didik. Semuanya dijelaskan dengan baik dan lengkap.
            Bergeser dari peserta didik, Bab V ini membahas Tenaga Kependidikan. Hampir sama dengan peserta didik, proses dalam manajemen Tenaga Kependidikan juga diawali dari rekruitmen, penempatan, pemeliharaan personel yaitu tentang hak dan kewajiban PNS, pembinaan yaitu tentang promosi dan kenaikan pangkat, serta pemutusan hubungan kerja. Penjelasan yang ada bagus dan langsung pada intinya.
            Bab VI, yakni mengenai manajemen Fasilitas Pendidikan, diawali dengan penjelasan konsep dasar, seperti pada bab I penjelasan tentang konsep dasar ini cukup berbeli-belit. Namun, penjelasan tentang manajemen sarana dan prasarana yang dimulai dari pengadaan, pendistribusian, pemanfaatan, pemeliharaan, inventarisasi hingga penghapusan sudah lengkap dan bagus.
            Memasuki bab VII, buku ini membahas tentang manajemen Pembiayaan Pendidikan. Bab ini berisi tentang pengertian, azas anggaran, faktor yang mempengaruhi pembiayaan pendidikan, karakteristik, uraian tentang penganggaran berbasis sekolah. Penjelasan sudah cukup lengkap, namun mungkin bisa ditambahkan tentang strategi penyusunan anggaran yang baik, serta kelemahan Penganggaran Berbasis Sekolah, karena di buku hanya dijelaskan keuntungan teoritisnya saja.
            Bab VIII, yang membahas tentang manajemen Humas, sekali lagi dimulai dengan konsep dasar yang rumit diisi dari pengertian menurut beberapa tokoh. Pada proses kegiatan humas tahap persiapan juga terlalu berbelit, cukup seperti tahap pelaksanaan, pengecekan tanggapan masyarakat, penilaian, dan pemberian saran yang fokus pada intinya. Lebih lanjut, uraian tentang asas kegiatan humas dan jenis kegiatan humas sudah bagus, kecuali pada  kegiatan penyebaran informasi yang juga terlalu panjang. Selain itu, penjelasan pada kerjasama lembaga pendidikan dengan masyarakat serta peningkatan pendayagunaan partisipasi masyarakat telah dijelaskan dengan baik.
            Pada bab IX yang membahas tentang ketatalaksanaan lembaga pendidikan, dapat ditemui ilustrasi yang membantu, di mana ilustrasi seperti ini telah hilang sejak bab IV. Setelah ilustrasi tentang siklus arsip adalah penanganan surat-menyurat, ruang lingkup kegiatan, kemudian dilanjutkan uraian khusus tentang Sistem Informasi Pendidikan berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi.  Pada bagian ini, konsep dasar informasi dan definisi SIM dijelaskan terlalu panjang, yang sebenarnya bisa dibuat lebih ringkas. Selain itu, unsur SIM dan mekanisme kerja SIM berbasis komputer diuraikan dengan bagus dilengkapi ilustrasi yang memudahkan pemahaman pembaca.
            Memasuki bab terakhir yakni bab X yang merupakan bab terpanjang dari buku ini, membahas tentang Kepemimpinan dan Supervisi Pendidikan. Definisi pemimpin dan kepemimpinan serta teori-teori kepemimpinan dijelaskan terlalu panjang dan rumit, mungkin bisa lebih diperinci lagi. Karena berada di Indonesia, penulis juga memasukkan kepemimpinan khas Indonesia, mulai dari Hasta Brata yang diambil dari kisah Ramayana, serta tiga ajaran legendaris dari Ki Hajar Dewantara yang kemudian juga dicakup dalam Sebelas Azas Kepemimpinan yang dirumuskan oleh ABRI. Selain itu juga ada tabel yang memuat bagaiman kepemipinan yang efektif menurut beberapa tokoh dunia. Setelah uraian tentang pemimpin dan kepemimpinan, dikerucutkan ke ciri kepala sekolah efektif, ciri kepemimpinan kepala sekolah yang efektif serta yang tidak efektif. Secara garis besar bagian kedua bab X menjelaskan tentang supervisi pendidikan. Dimulai dari pengertian, tujuan, prinsip, dan teknik supervisi. Ilustrasi yang ada cukup membantu pemahaman.
            Demikian ulasan per bab tentang buku Manajemen Pendidikan ini. Secara keseluruhan, buku ini cukup bagus dengan penjelasannya yang detail dan lengkap. Buku ini juga dilengkapi ilustrasi yang bisa memudahkan pembaca memahami materi di dalamnya. Sehingga sangat membantu dalam pembelajaran mata kuliah Manajemen Pendidikan. Namun, pada beberapa bagian terutama definisi/konsep terkadang dijelaskan terlalu panjang. Secara fisik, buku ini berukuran kompak, dalam artian tidak terlalu besar dan tebal sehingga tidak sulit untuk dibawa. Hanya saja, kualitas perekat yang digunakan kurang bagus sehingga buku ini halamannya mudah terlepas.
            Kesimpulannya, buku ini cukup layak untuk dibaca dan dipelajari. Untuk kegiatan perkuliahan sendiri khususnya Manajemen Pendidikan, buku ini layak untuk dijadikan pegangan mahasiswa menghadapi perkuliahan, karena bahasan materinya telah lengkap dan memadai.

No comments:

Ads