Contoh Essay : Candi di Atas Bukit Yogyakarta

 Candi di Atas Bukit

Yogyakarta adalah salah satu daerah yang terkenal sebagai pusat budaya dan pusat pelajar di Indonesia, serta masyarakatnya yang dikenal ramah. Akan tetapi yang menarik dari Yogyakarta yaitu destinasi pariwisata yang beragam. Jadi tak heran jika banyak wisatawan asing maupun lokal yang berkunjung ke Yogyakarta. Destinasi wisatanya pun juga kental akan budaya yang semakin menarik wisatawan. Budaya yang ada di Yogyakarta merupakan peninggalan dari nenek moyang, salah satunya yaitu Candi Ratu Boko.

Candi Ratu Boko yang sekarang sudah menjadi salah satu destinasi wisata yang ada di Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Pada awalnya kompleks Ratu Boko adalah sebuah wihara untuk pendeta Budha dan saat tahun 856M difungsikan sebagai kraton agama Hindu. Sehingga terdapat beberapa peninggalan Hindu dan Budha di dalam kompleks. Peninggalan Ratu Boko terletak di Bukit Boko, 19 kilometer ke arah timur dari Kota Yogyakarta dan 3 kilometer dari Candi Prambanan ke arah selatan. Walaupun peninggalan Ratu Boko lebih tua dari Candi Prambanan dan Candi Borobudur, tetapi wisatawan lebih mengenal Candi Prambanan dan Candi Borobudur.

Dengan lokasinya yang berada di atas bukit, sebenarnya Candi Ratu Boko memiliki keunikan dan daya tarik tersendiri daripada candi yang lain. Memiliki pemandangan yang memukau, karena sejauh mata memandang akan terlihat Candi Prambanan dan Candi Kalasan di arah utara dengan latar belakang Gunung Merapi. Serta suasana pedesaan dengan sawah menghijau di sekelilingnya. Tak heran jika banyak wisatawan asing maupun lokal yang datang untuk menikmati pesona di kompleks Candi Ratu Boko.

Apalagi saat matahari tenggelam, waktu tersebut merupakan puncak kedatangan pengunjung. Karena lokasi yang terletak di atas bukit, pengunjung bisa menikmati senja pada titik terbaik. Pada bulan Agustus dan September, pengunjung bisa menikmati matahari tenggelam tepat pada tengah gapura candi. Spot foto yang beragam semakin menarik bagi wisatawan, terutama kawula muda yang lebih mengutamakan foto sebagai buah tangan.

Dengan berbagai pesona di kompleks Candi Ratu Boko, dan pengunjung yang relatif lebih sedikit dari Candi Prambanan ataupun Candi Borobudur. Serta corak agama Budha dan agama Hindu yang menyatu dalam candi. Candi Ratu Boko dapat menjadi alternatif lain jika wisatawan ingin berkunjung ke destinasi wisata candi dengan pengalaman yang berbeda. Jadi, apakah Anda masih ragu untuk berkunjung ke Candi Ratu Boko ?

 

Nama          : Muhammaad Naufal F

No              : 25

Kelas          : XII MIPA 9

No comments:

Ads